Friday 23 June 2023

MENYEMBAH KA'BAH

PENGETAHUAN DASAR AGAMA ISLAM

BAGIAN 6

KA'BAH

Apakah orang Islam menyembah ka'bah? 

Bagi umat islam tentu sudah tahu jawabannya karena sudah dijelaskan oleh Allah di dalam Al qur'an 

Allah Ta’ala berfirman,

فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَٰذَا الْبَيْتِ

“Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka’bah).” [QS. Al-Quraisy: 3]

Jadi tuduhan bahwa umat islam menyembah batu sudah terbantahkan, ka'bah merupakan kiblat (arah hadap) muslim seluruh dunia dalam melaksanakan sholat bukan tempat yang disembah. 

Sebelum mengarah ke ka'bah kiblat umat islam menghadap ke baitul maqdis Palestina seperti orang - orang yahudi pada waktu itu, tetapi ini membuat Nabi Muhammad SAW selalu berdoa semoga ada wahyu Allah yang memerintahkan kiblat berpindah ke ka'bah yang merupakan tempat yang telah disucikan sejak zaman umat terdahulu, dan telah dibangun kembali di zaman nabi ibrahim (abraham) dan ismail (ismael). Akhirnya perintah Tuhan itu turun dan arah kiblat berubah ke ka'bah seperti keinginan Nabi Muhammad SAW. 

Jika tuduhan bahwa umat islam menyembah ka'bah itu benar, tentu arah kiblat tidak akan pernah berpindah, itu membuktikan bahwa Allah tidak bersemayam di ka'bah. Lalu makna dari Baitullah (rumah Allah) itu sendiri apa? Rumah Allah dimaksud adalah tempat yang di sucikan, seperti hal nya Masjid yang juga sering disebut rumah Allah. 

Bahkan ada perkataan khalifah umar bin khatab yang sangat populer ketika beliau mencium hajar aswad yang berada di Ka'bah, 

"Saya tahu, kamu hanyalah sebuah batu, tidak bisa memberi manfaat dan madharat. Andai bukan karena saya pernah melihat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menciummu, niscaya aku tidak akan menciummu.” (HR. Bukhari no. 1597).

Wallaua'lam


0 komentar: