Monday 18 November 2019

RAHASIA MEMBUAT KERIPIK SINGKONG RENYAH TANPA ZAT KIMIA

Perlu diakui bahwa di zaman sekarang sangat sulit menemukan makanan yang sehat, bergizi dan terhindar dari bahan bahan kimia seperti pengawet, pewarna dan lain sebagainya. Sehingga jenis penyakit yang menimpa masyarakat pun kian beragam yang jarang ditemui pada zaman - zaman nenek kita dahulu.

Seperti olahan Keripik Singkong yang beredar saat ini banyak menggunakan bahan kimia seperti larutan baking soda yang digunakan untuk mencuci singkong yang sudah di iris sebelum digoreng agar didapat keripik yang renyah, kemudian untuk mempercantik tampilan warna digunakan larutan sulfur sehingga warna jadi lebih menarik. 

Disini saya akan berbagi Resep Keluarga dalam MEMBUAT KERIPIK SINGKONG RENYAH TANPA ZAT KIMIA.

Kenapa Resep ini dibagikan??, apakah tidak takut jika usaha keluarganya akan di tiru??, Yang pertama saya berharap semoga nantinya tidak ada lagi makanan olahan yang mengandung banyak bahan kimia yang dapat merusak tubuh minimal kita mulai dari hal kecil yaitu olahan keripik singkong, Yang kedua saya percaya bahwa rezeki sudah ada yang mengatur, karena kita bisa meniru usaha orang lain tapi tidak dengan Rizkinya.

Berikut resep MEMBUAT KERIPIK SINGKONG RENYAH TANPA ZAT KIMIA.
  • Hal yang paling utama adalah pemilihan Bahan Baku Produksi dalam hal ini singkong, baik buruknya kualitas produk kita sangat dipengaruhi oleh pemilihan bahan baku, Yang perlu diperhatikan dalam pemilihan singkong adalah sebagai berikut :
  1. Jenis singkong yang paling baik dan mudah ditemukan adalah jenis singkong kuning (singkong mentega), tekstur singkong ini lebih baik diolah menjadi keripik dari pada singkong putih yang biasa digunakan untuk makanan olahan seperti kolak, getuk, dll.
  2. Usia panen singkong jangan terlalu muda dan jangan terlalu tua, karena jika terlalu muda (dibawah 5 bulan) saat digoreng keripik cenderung mudah gosong dan keriting, namun jika terlalu tua maka keripik keras dan pahit. Usia panen yang pas untuk bahan baku keripik adalah sekitar 6 - 12 bulan.
  3. Jangan menggunakan singkong yang terlalu banyak menggunakan pupuk karena rasa singkong akan sedikit lebih pahit.
  4. Jika singkong sudah dikupas kulitnya maka jangan sampai lebih dari 24 jam baru diolah, karena singkong akan menjadi bewarna hitam dan menjadi tidak menarik saat menjadi keripik serta berpotensi untuk menjadi pahit.
  5. Setelah selesai di iris maka langsung di goreng di dalam minyak bersuhu tinggi, jangan di cuci atau di jemur terlebih dahulu karena akan menyebabkan kandungan Patinya hilang dan rasa gurihnya akan ikut hilang, dan untuk menghindari lengket saat digoreng adalah dengan memasukan irisan keripik secara sedikit demi sedikit kedalam minyak yang bersuhu tinggi.
  6. Irisan Singkong jangan terlalu tebal, selain agar didapat keripik yang renyah juga agar didapat hasil olahan yang banyak secara quantity.
  7. Memilih singkong jangan yang terlalu kecil karena saat dikemas walaupun isinya sangat banyak namun secara tampilan terlihat sedikit sehingga tidak menarik, namun juga jangan memilih bahan baku yang terlalu besar karena akan mudah hancur. 
  • Selanjutnya yang tak kalah penting adalah cara pengolahan keripik singkong
  1. Kupas kulit singkong dan bersihkan ujung dan pangkal singkong yang bewarna hitam.
  2. Selanjutnya cuci singkong dengan air bersih yang mengalir caranya masukan singkong yang sudah dikupas kedalam karung beras, kemudian goncang - goncangkan isinya dibawah aliran air sampai seluruh permukaan singkong menjadi bersih.
  3. Iris singkong tipis - tipis dan letakan diatas nampan rotan (tempeh) 
  4. Goreng irisan singkong kedalam minyak yang memiliki suhu tinggi, masukan secara bertahap sambil agak dipisah - pisahkan supaya tidak lengket, 
  5. Untuk mendapatkan suhu api yang maksimal alangkah baiknya menggunakan kayu bakar.
  6. Jika tampilan keripik sudah terlihat kuning kecoklatan angkat dan tiriskan.
  7. Dinginkan keripik sebelum dikemas untuk penyimpanan, keripik dapat bertahan selama 6 bulan dalam suhu ruangan dan dalam kemasan yang terjaga dengan baik.
  8. Untuk bumbu dapat ditabur garam, balado atau diolah lagi menjadi keripik pedas dan lain sebagainya.
Demikian resep MEMBUAT KERIPIK SINGKONG RENYAH TANPA ZAT KIMIA semoga bermanfaat. 

Kedepan akan saya bahas Resep rahasia keripik pedas mak tus, Resep membuat Kerupuk Nasi Tanpa Borax, Resep membuat Keripik Tempe yang sehat alami, Resep membuat keripik pisang yang gurih, Keripik Sukun Renyah, Peyek Bayam Sehat dan lain sebagainya.

Untuk pemesanan dapat dihubungi No. WA 0831-3773-5270


0 komentar: