Monday 24 December 2018

ILMUWAN MUSLIM

Saya Percaya bahwa Nama Sebagian dari DOA
Sering ditanya orang kenapa nama anak nya sok kebule - bulean, sok asing, ga islami padahal muslim. 

"Arzachel" Abqory Iqbal.
"Avicenna" Alfazari Iqbal.

Alasan nya adalah
  1. Saya Sengaja cari nama yang berawalan "A", karena disekolah biar duduk nya paling depan, bagi rapotnya dipanggil paling awal, wisudanya di panggil duluan, dan bisa selalu jadi yang pertama. Terbukti saat ini kalau si Abang bagi rapot selalu dipanggil duluan jadi nunggunya GPL, hehe 
  2. "Arzachel" itu panggilan orang barat untuk ilmuwan muslim terkenal yaitu Abu Ishaq Ibrahim Ibnu Yahya Alzarqali, karena ilat bule ga bisa Nyebut Alzarqali maka di sebutlah Arzachel, dan saking dihormatinya ilmuwan tersebut sebagai bapak astronomi namanya di abadikan sebagai salah satu nama kawah bulan.
    sedangkan "Avicenna", sebutan untuk ilmuwan islam paling terkemuka di bidang kedokteran, semua dokter mengenal beliau, penemu alat bedah dan karya - karya yang lain, dengan nama muslimnya adalah Ibnu Sina. Lidah bule memanggilnya Avicenna. Ketika orang mengenal anak saya, saya ingin semua orang bisa kembali mengingat sejarah betapa majunya ilmu pengetahuan islam di jaman dulu. Di saat alquran dijadikan panduan maka itulah masa gemilang peradaban Islam.
    Kenapa harus pakai nama bule nya, buka nama muslimnya. Agar kita umat islam saat ini bangga, bahwa umat muslim pernah berjaya dibidang ilmu pengetahuan, bahkan karya - karya nya dipelajari di dunia barat, di adopsi dan menjadi cikal bakal kemajuan teknologi abad ke 20 dan Andalusia (Spanyol) sebagai pusat ke khalifahan bani Umayah ke II menjadi jembatan ilmu Pengetahuan ke Eropa di masa itu.

  3. Alasan ketiga Saya suka membaca sejarah islam dimasa kejayaan islam sampai masa keruntuhan di turki abad 19 sehingga dengan memanggil anak - anak saya saya bisa mengingat sejarah itu.


0 komentar: