Tuesday, 6 March 2018

Contoh Pengumuman Perusahaan "Ketentuan Seragam Kerja Karyawan"

INTER OFFICE MEMO
No. 212/IOM-HR/KDSM/III/2018


Kepada Yth                 : Karyawan PT. Kumpulan Dokumen & Surat Menyurat
Dari                             : HRGA Department
Tembusan                    : 1. Bp. Arzachel Abqory Iqbal / Direksi
                                      2. Ibu Lisa Sahraiha / Manager Operasional
Perihal                         : Ketentuan Seragam Kerja Karyawan
____________________________________________________________________________

Dengan hormat,

Sebagaimana kita ketahui bahwa Seragam Kerja  memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah :
  1. Seragam kerja mampu meningkatkan motivasi bagi para pekerja
  2. Seragam kerja dapat Meningkatkan efektifitas  karyawan
  3. Seragam kerja dapat Memberikan kesan professional
  4. Seragam kerja dapat digunakan sebagai pelindung bagi karyawan
  5. Seragam kerja diharapkan bisa memberikan rasa kenyamanan bagi para pekerja
  6. Seragam kerja dapat dijadikan sarana promosi bagi perusahaan.
Untuk itu agar terciptanya keserasian dan kerapian dalam penggunaan seragam kerja maka kami sampaikan ketentuan - ketentuan sebagai berikut :

1.          Pakaian Hari Senin
Seluruh karyawan diharuskan memakai seragam kerja biru tosca dengan paduan celana panjang (jeans/cotton).

2.          Pakaian Selasa, Kamis & Jum’at

Karyawan pria diperbolehkan memakai pakaian informal (bukan seragam kerja) terdiri dari paduan celana panjang (jeans/cotton) dengan Kemeja, tetapi tetap memperhatikan kesopanan dan norma-norma yang berlaku, kecuali jika pada hari tersebut ada jadwal kerja yang mengharuskan tetap berpenampilan formal, dan sangat disarankan untuk memakai seragam kerja lama bagi yang memiliki.

3.          Pakaian Hari Rabu
Seluruh karyawan diharuskan memakai seragam kerja T- Shirt Warna Orange dengan paduan celana panjang (jeans/cotton).

4.          Pakaian Hari Sabtu
Seluruh karyawan diharuskan memakai seragam kerja T- Shirt Warna Abu - Abu dengan paduan celana panjang (jeans/cotton).

5.          Penggunaan Sepatu dengan ketentuan sebagai berikut :

a.     Menggunakan Sepatu Safety
b.    Menggunakan Sepatu bertali ataupun tidak bertali
c.     Menggunakan Sepatu Model formal maupun semi formal
d.    Karyawan dilarang menggunakan sandal pada saat bekerja

Demikian disampaikan agar seluruh karyawan mengetahuinya dan untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

Banjarmasin, 1 Maret 2018
PT. Kumpulan Dokumen & Surat Menyurat
Hormat Kami                                                                          



Iqbal Hamdani                                 
HR Manager

Wednesday, 21 February 2018

Contoh Internal Memo Tata Tertib Mess

INTERNAL OFFICE MEMO
Nomor  : 001/GA-KDSM/IV/2017

Kepada Yth                 : Seluruh Karyawan
Dari                             : GA Department
Tempat/tanggal           : Jambi, 03 April 2017
Perihal                        : Tata Tertib Penghuni Mess

Dengan hormat, 

Sehubungan untuk menjaga Tata Tertib dan kenyamanan penghuni Mess bersama dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Penghuni Mess mengutamakan Silaturahmi dan Gotong Royong antar sesama Karyawan Penghuni Mess. 
  2. Pennghuni Mess wajib menuliskan alamat nomor  telepon yang bisa dihubungi, dan menyerahkan fotocopy Identitas (KTP) 
  3. Penghuni Mess Wajib menjaga Ketertiban, Kesopanan, Ketenangan, Keamanan, Perasaan sesama penghuni Mess maupun lingkungan masyarakat sekitar. 
  4. Penghuni Mess wajib menjaga kebersihan Kamar, Kamar mandi, Dapur dan lingkungan sekitarnya baik secara perorangan maupun bersama sama secara Gotong royong. Dilarang membuang sampah sebarangan, buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan. 
  5.  Penghuni Mess dilarang keras menerima dan atau membawa tamu Wanita/Pria yang bukan Muhrimnya didalam kamar.
  6.  Apabila ada anggota keluarga Karyawan yang bertamu wajib melapor dan menunggu di Pos Security.

  7.  Kunci kamar tidak boleh dipindah tangankan/jangan diletakkan disembarang tempat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinnginkan, apabila sedang menjalani Day Off/Cuti/Ijin, kunci kamar wajib dititipkan di Pos security. Jika kunci hilang penghuni wajib menggantinya.
  8. Pada pukul 09.00 Wita s/d 12.00 Wita dan pukul 13.00 Wita s/d 16.00 Wita seluruh penghuni Mess untuk menciptakan suasana Ketenangan (mengurangi Volume Tv, Radio dan alat music lainnya) agar tidak mengganggu penghuni lain yang sedang beristirahat.
  9. Selain Karyawan yang terdaftar di Mess tidak diperbolehkan menginap dan atau tinggal di Mess.
    15.  Tamu yang bermalam wajib Lapor ke HRGA, Security dan mengisi Form Ijin Menginap yang telah disediakan.
  10. Penghuni Mess dilarang keras membawa dan atau mengkonsumsi :
  • Minum minuman keras/minuman beralkohol.
  • Narkoba dan obat-obatan terlarang 
  • Senjata Api,Airsoft Gun dan  Senjata tajam (ilegal/tidak berijin) 
  • Berjudi, serta melakukan tindakan kriminal, didalam lingkungan Perusahaan dan atau Mess. Apabila hal tersebut dilakukan oleh penghuni Mess, maka akan dikenakan sanksi tegas sesuai peraturan yang ditetapkan oleh pihak Perusahaan. 
  • Memasaka dan atau melakukan kegiatan masak didalam ruangan kamar.

      Demikian Internal Office Memo ini disampaikan, untuk dapat dijalankan sebagaimana mestinya, atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

PT. Kumpulan Dokumen
Hormat kami,                                                                   



Iqbal Hamdani                                                                        
GA Sect-Head                         

Contoh Internal Memo Permohonan Biaya


INTERNAL MEMO
No. 212/OPR.MS/II/2017

Tanggal             :  02 Februari 2017
Kepada Yth.      :  1. Bp. Iqbal Hamdani / Direktur
                              2.Ibu Lisa Sahraiha / FA Mgr
Dari                  :  Arzachel Abq
Cc.                    :  Ibu Aisyah / Procurement Dept.
Perihal              :  Permohonan Biaya Terkait Shipment ke 1 (PT. Elang Express)


Dengan Hormat,

Perkenankan dengan ini kami menyampaikan bahwa terkait dengan proses shipment ke 1 (satu) tentang pengiriman  6 (enam) unit container 40Ft berisi mesin mesin produksi yang telah tiba dilokasi pabrik  Pada hari Minggu tanggal Delapan Belas bulan Desember tahun Dua Ribu Enam Belas dengan keterangan sebagai berikut  :

Pengirim

Alamat
Kelling (Malaysia) PTE LTD
Agent PT. Elang Express
Lisa Building 4th Floor Suite 07 Jl. H. Usman Bin Affan, Jakarta Selatan
Pemilik
Alamat
PT. Angin Bising Hardware & Machinery
No. 212 Jalan Abdul Bin Hasan Johor Bahru, Johor, Malaysia
Penerima
Alamat
PT. Maju Sejahtera
Desa Simpang Pijat, Kecamatan Luar Dalam,  Indonesia

Terkait hal tersebut di atas dengan ini kami mengajukan permohonan biaya sebagai berikut :

Charge Description
Curr
Unit
Amt in (IDR)
Overtime Charges
IDR
1 Trip
16.000.000,-
Storage Charges
IDR
1 Set
16.614.254,-
Handling Fee
IDR
1 Per Container
9.000.000,-
Terminal Handling Charges
IDR
1 Per Container
15.609.660,-
TOTAL
57.223.914,-

2.500.000,-
GRAND TOTAL
59.723.914,-

Terbilang “Lima Puluh Sembilan Juta Tujuh Ratus Dua Puluh Tiga Ribu Sembilan Ratus Empat Belas Rupiah”

Demikian pemohonan ini disampaikan, atas persetujuan Bapak / Ibu sebelumnya disampaikan terima kasih.

Diajukan Oleh
Diketahui Oleh
Disetujui Oleh
Ali Bin Usman
Aisyah Putri
Lisa Sharaiha
Iqbal Hamdani
Manager Operasional
Purchasing
FA Manager
Direktur



Tuesday, 20 February 2018

Contoh Surat Penawaran


JASA ANGKUTAN DARAT
CV. PUNAI TERBANG TINGGI
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SURAT PENAWARAN HARGA
JASA TRANSPORTASI

                                                                                             Banjarmasin, 14 Juli 2017 

Nomor             : 014/SPH-JT/SKT/VII/2017
Lampiran         : List Biaya Transport
Perihal             : Surat Penawaran Jasa Transport

                       
                        Kepada Yth,
                        Bapak Pimpinan PT. MAJU SEJAHTERA
                        Di –
                                    Tempat

                        Dengan Hormat,

Perkenankan dengan ini menyampaikan bahwa kami merupakan perusahaan yang berlokasi di kota Banjarmasin yang bergerak dalam bidang jasa transportasi darat dengan rute lokal maupun antar pulau, Kami juga sudah terbiasa melakukan pengangkutan material untuk rute lokal maupun antar pulau Kususnya pulau Jawa.

Sehubungan dengan rencana PT. MAJU SEJAHTERA dalam hal pengiriman barang berupa semen dengan rute Kotabaru tujuan Port Trisakti Banjarmasin, perkenankan dengan ini kami mengajukan penawaran sebagai berikut :

No
Rute
Armada Angkut
Kapasitas Muatan
Biaya / Trip
1
Kotabaru - Banjarmasin
Tronton
10  Ton
Rp. 3.500.000,-
2
SKotabaru - Banjarmasin
Fuso / Engkel
8 Ton
Rp. 2.500.000,-

Sistem pembayaran adalah dibayarkan cash 50% setelah barang dimuat diatas Truck dan 50% sisanya dibayarkan setelah barang sampai ditempat tujuan.

Demikian surat penawaran ini disampaikan, atas perhatian diucapkan terimakasih


                                                                                                                  Hormat Kami
                                                                                                                  PT. MAJU SEJAHTERA


                                                                                                                  Arzachel Abq. Iqbal
                                                                                                                  Direktur