Saturday 12 October 2019

Cara Mudah Membuat KPI Yang Ideal


Cara Mudah Membuat KPI Yang Ideal

KPI (Key Performance Indicators) karyawan merupakan penilaiaan hasil kerja karyawan yang dilakukan sebagai cara untuk dapat membantu setiap karyawan untuk mengetahui apa yang telah dan sedang mereka kerjakan selama ini.

Sebuah KPI (Key Performance Indicators) harus disusun menurut indicator kinerja yang spesifik, jelas, dan juga dapat diukur. Penentuan KPI juga harus dilakukan dengan rinci dan eksplisit sehingga setiap detil yang akan diukur menjadi jelas.

Metode yang sudah sangat umum dilakukan dibeberapa Perusahaan adalah sebagai berikut:
  • KPI yang ideal berjumlah antara 3 – 5 Item Pokok, dalam 1 Item dapat dikembangkan menjadi 2 atau 3 KPI Turunan. Jika kurang dari itu maka tidak bisa mewakili seluruh job desc karyawan namun jika lebih dari itu maka akan terlampau luas sehingga akan kurang focus dengan target utama Perusahaan.
  • Target KPI harus sesuai dengan Posisi karyawan yang bersangkutan dan isi KPI tersebut mendukung kesuksesan Goal Perusahaan (KPI Perusahaan).
  • Pada Umumnya dalam menentukan target KPI harus menggunakan metode SMART.
  1. Spesifik – sebaiknya penetapan target bersifat spesifik, misal 40 M3 per tahun 
  2. Measurable – terukur, misal 100%, atau 10 program 
  3. Achiveable – dapat tercapai, challenging namun masih bisa tercapai
  4. Relevan – Target harus yang realistis atau harus relevan dengan sasaran kinerja 
  5. Time – target sebaiknya juga diberikan batasan waktu, misal 300 M3 per bulan, 2 Kegiatan Per Tahun, dll
  • Jika karyawan memiliki atasan maka Target KPI nya minimal sebesar 50% nya merupakan kegiatan yang mendukung KPI atasan, sisanya dapat ditentukan sebagai KPI Individu / Pribadi Karyawan.
  • Jika memiliki bawahan maka beberapa target bisa di turunkan kebawah atau dalam artian KPI atasan akan menjadi KPI bawahan yang selanjutnya akan diterima secara utuh sebesar yang ditargetkan atau pun hanya sebagian dari total yang ditargetkan.
  • Penentuan Bobot KPI dapat dilakukan berdasarkan Job Desc utama karyawan, Pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya secara penuh maka akan memiliki bobot tertinggi. Sedangkan Target yang dilakukan secara bersama maka memiliki bobot yang lebih kecil.
Demikian secara ringkas, dasar dasar dalam penentuan KPI

0 komentar: