Sunday 28 July 2019

Biarkan Anak Berbeda


Sedikit dari kita yang berani untuk berbeda.
Kenapa??
Karena sejak kecil kita terdidik untuk tidak berbeda, di sekolah kita di didik dan di bentuk menjadi sama, serupa dan seragam, baik dari tampilan fisik sampai cara berfikir. Bahkan jika kita berbeda berarti di anggap aneh & salah, berarti nakal dan perlu di kucilkan, padahal dalam beberapa hal di dunia nyata, kita akan di perhatikan, di lirik, dan di anggap istimewa jika berbeda.

Dalam dunia bisnis, sedikit lebih berbeda dari kompetitor akan jauh lebih baik, dari pada sedikit lebih baik dari kompetitor. contoh, ketika semua produsen alat pemutar musik baik Mp3, Ponsel, dll menciptakan kabel dari headset / ear plug bewarna hitam karena kabel ear plug di anggap mengganggu, justru i phod tampil beda dengan warna putihnya, dan pada akhirnya warna putih tersebut menjadi booming dan tren.

Lihat Bagaimana yahoo dahulu yang mentertawakan facebook karena facebook di anggap mainan anak muda karena tampil berbeda, bahkan yahoo pernah menuntut hak paten terkait sosial media nya kepada facebook, tetapi apa yang terjadi kemudian, ternyata malah media sosial yahoo tumbang, 

Dan kasus lain klo kita liat sesuatu yg viral di media sosial, trending topic, pasti karena sesuatu yang berbeda, lain daripada yg lain, dan baru pertama kita lihat,, contoh, kenapa duo srigala sempat viral?? Karena besar?? Bukan. karena kita sudah sering melihat di tv yang jauh lebih besar, betul? Bukan karena besarnya tetapi karena mereka berbeda, ada duo big size yang bisa secara constant bergerak secara bersama, persisi dan seimbang,, hal itu berbeda. dan masih banyak contoh nya.

Jadi, jangan biarkan anak kita kehilangan kepercayaan dirinya hanya karena dia berbeda, baik berbeda cara berfikirnya, berbeda hobinya, atau berbeda apa pun dari anak seusianya, karena anak kita bukan lahir dari cetakan kue yang mesti sama bentuk dan rasanya,, semua anak itu cerdas!! tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya.

0 komentar: