Sunday 1 September 2019

Sakit!!! Rahmat atau Azab??

Alhamdulillah, Allah masih beri kesehatan tangan, kesehatan pikiran, sehingga masih dapat menulis walaupun kaki terasa nyeri dan Lidah susah untuk berbicara.

Dalam minggu ini beruntun tubuh ini Allah turunkan penyakit, bermula dari serangan influenza, belum sembuh badan demam dan pegal pegal, penyakit lama magh ikut berkunjung diwaktu yang bersamaan. Dan saat proses pengobatan magh tiba tiba selang beberapa hari lidah dan bibir diserang sariawan sehingga tidak bisa menggerakkan lidah, dan esoknya muncul bisul di betis sebesar kacang kedelai yang terus membesar dan membengkak sampai berwarna merah abu abu tua. Tak terbayang sakitnya ketika kaki digunakan untuk berjalan.

Allah tunjukan betapa mudah nya melumpuhkan kesombongan manusia, hanya dengan 1 bisul dan 4 sariawan sudah cukup membuat anak manusia tidak mampu berjalan dan berbicara.

Kenapa Allah timpakan itu kepada kita?? Bisa jadi itu teguran atas semua dosa dosa yang telah kita lakukan, itu bisa sebagai azab kita didunia, atau juga itu bisa menjadi penggugur dosa dosa kita, apa pun itu setidaknya kini kita punya banyak waktu untuk mengingatNya saat terbaring lemah. Keyakinan kita meningkat tentang hakikat keberadaan Allah dan kuasaNya. Baru kita sadar betapa lalainya kita ketika kita masih sehat.

Sakit didunia adalah hal kecil, belum sebanding dengan hukuman kita di akherat kelak jika kita didunia bergelimang dosa, menyakiti hati manusia, menyembah syetan, menentang Tuhan, Berbuat aniyaya dan zholim terhadap sesama, dan perbuatan pebuatan dosa lainnya.

Semoga sakit ini bisa meringankan azab kita di akherat kelak, bisa menggugurkan dosa dosa kita dan menjadi pribadi yang lebih baik setelah sembuh dari sakit.

مَا يُصِيبُ الْمُؤْمِنَ مِنْ شَوْكَةٍ فَمَا فَوْقَهَا إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً أَوْ حَطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةً

“Tidak ada satupun musibah (cobaan) yg menimpa seorang muslim berupa duri atau yg semisalnya, melainkan dengannya Allah akan mengangkat derajatnya atau menghapus kesalahannya.” [HR.Muslim]

 مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصِيبُهُ أَذًى مِنْ مَرَضٍ فَمَا سِوَاهُ إِلَّا حَطَّ اللَّهُ بِهِ سَيِّئَاتِهِ كَمَا تَحُطُّ الشَّجَرَةُ وَرَقَهَا

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya.” [HR. Bukhari dan Muslim]

semoga Allah gugurkan dosa dan kesalahan kita karena sakit ini. Alluhamma Amin.


0 komentar: