Sunday 15 September 2024

PESAN UNTUK ANAK - ANAK KU

Ayah mendengar tentang cerita - ceritamu tentang bagaimana kamu berteman di pesantren, ada teman yang baik ada teman yang usil dan suka membully, ada teman yang menjengkelkan hati, ada yang mebuat tidak nyaman dan sebagainya. Kamu juga bercerita soal bagaimana sakit hatinya ketika mendapat verbal bullying.

Bukan ayah tak ingin membela mu, bukan ayah tak mampu menyelesaikan masalah mu, tetapi ayah ingin kamu belajar bahwa di dunia ini tidak semua orang itu menyenangkan, tidak semua orang itu baik dan tidak semua orang itu sesuai dengan apa yang kita inginkan karena mereka juga punya kehendak bebas.

Anak ku, kelak engkau akan tau betapa kerasnya hidup ini, kelak engkau akan tau betapa sulitnya menjadi dewasa, betapa beragamnya perilaku manusia disekitar kita, betapa banyaknya persoalan dalam hidup ini. Sebelum engkau memasuki dunia sesungguh nya ayah ingin engkau banyak belajar dan menempa diri, bagaimana cara mengelola perasaan mu disaat sulit, bagaimana mengelola emosi mu disaat tertekan, bagaimana engkau mengelola setres ketika keinginanmu tidak sesuai dengan kenyataan, bagaimana engkau melepaskan diri dari orang - orang yang tidak menyenangkan. Ayah yakin lama kelamaan engkau akan menemukan caramu sendiri, secara perlahan engkau akan mampu mengelola hati mu dengan baik.

Percaya lah nak, ayah bukan tak sayang kepadamu sehingga ayah sengaja membiarkan semua ini terjadi, ini semata agar engkau bisa ditempa oleh keadaan, ayah tidak banyak terlibat lebih jauh tentang masalahmu, ayah hanya bisa memberi nasihat dan jalan keluar yang bisa engkau pilih. Ayah yakin cara ini yang paling tepat karena seperti itu juga ayah diperlakukan oleh nenek mu, ayah belajar dan berlatih bagaimana mengelola hati dan perasaan, bagaimana menyelesaikan kesulitan kesulitan yang dihadapi sendiri, dan itu menjadi bekal ketika ayah dewasa.

Ayah yakin jika engkau bisa melalui ujian ini dengan baik, engkau akan menjadi orang hebat, menjadi orang besar yang tidak pernah tumbang hanya oleh gelombang, teruslah menjadi kuat nak, teruslah belajar. Habiskan masa susah mu saat ini agar kelak engkau mendapatkan kemudahan hidup.

Semoga sukses dan semoga Allah selalu meridhoi hidup kita!!! Doa ayah menyertai mu.


0 komentar: